Senin, 12 Oktober 2015

Pembuluh darah manusia dan bagian - bagiannya




Pembuluh darah



Ok sekarang ane mau ngebahas mengenai pembuluh darah manusia,ngomong-ngomong udah tau belum apa itu pembuluh darah ???
ok daripada bingung langsung aja ya ana kasih tau.Sebelum ana jelaskan pasti kalian membayangkan pembuluh darah itu adalah darah yang ada di dalam tubuh,iya si jawabannya ga terlalu ngawur  tapi itu belum tepat.Jadi apa atuh jawabannya?.Menurut wikipedia pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah keseluruh tubuh.Nah dari penjelasan tersebut kita mengetahui bahwa pembuluh darah bukan darah yang berada di dalam tubuh melainkan yang mengangkut darah keseluruh tubuh.Gimana udah mengerti tentang pembuluh darah?.Sebelum ke pembahasan berikutnya pastikan jangan sampai lupa ya pengertian pembuluh darah,kan sayang kalau kamu lanjut kepembahasan berikutnya  eh pembahasan  yang udah dibaca  lupa lagi.Hehee
                Ok kita lanjut ke pembahasan berikutnya.Ngomong-ngomong pembuluh darah ada jenisnya ga ya?terus apa aja?.Mungkin dari pertanyaan tersebut ana akan memulai pembahasan.Jadi teman-teman ku yang berbahagia pembuluh darah itu ada tiga jenis yaitu pembuluh nadi(arteri),pembuluh balik(vena) dan dan pembuluh kapiler.Ok langsung saja ana bahas satu persatu.
1)Pembuluh Nadi(arteri)
                Arteri adalah pembuluh yang menganagkut darah dari jantung ke seluruh tubuh.Jadi arteri ini tugasnya hanya mengangkut darah dari jantung keseluruh tubuh,ingat ya dari jantung ke seluruh tubuh.Nah teman pembuluh nadi juga ada bagian – bagiannya lagi lo yaitu:
   a)      Pembuluh nadi besar (aorta)adalah pembuluh darah yang keluar dari bilik kiri dan mengangkut darah yang mengandung o2..Nah aorta ini sangat kaya sekali dengan oksigen (O2) karena darahnya baru keluar dari bilik kiri.
   b)      Pembuluh nadi paru paru (arteri pulmonalis) adalah pembuluh yang keluar dari bilik kanan menuju paru-paru dan mengangkut darah yang mengandung CO2.Nah kalau ini kebalikan dari aorta karena arteri pulmonalis banyak mengandung COc dan keluar dari bilik kanan,tidak seperti aorta yang kaya O2 dan keluar dari bilik kiri.
2)Pembuluh balik (Vena)
                Vena adalah pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung.Dari penjelasan tersebut kita mengetahui fungsi vena yaitu mengangkut darah dari seluruh tubuh menuju jantung.Jangan sampai ketukerya sama aorta !
Pembuluh balik (vena) dapat di bedakan sebagai berikut.
   a)      Vena cava cuperior,membawa darah yang mengandung CO2 dari tubuh bagian atas ke serambi kanan janung.
   b)      Vena cava inferior,membawa darah yang mengandung CO2 dari tubuh bagian  bawah  ke serambi kanan jantung.
   c)       Vena pulmonalis,membawa darah yang mengandung 02 dari paru-paru ke serambi kiri jantung.
   d)      Vena porta heptica,membawa darah dari saliran pencernaan menuju hati.
3)Pembuluh Kapiler
                Pembuluh kapiler adalah pembuluh halus yang terdapat di berbagian organ tubuh.Dindingnya tipis dan pada pembuluh inilah terjadi pertukaran antara 02 DAN CO2.Jadi pembuluh kapiler ini dapat diartikan sebagai tempat bertemunya aorta dan vena.
             Oh iya mungkin tadi kalian bingung apa itu bilik kiri,bilik kanan,apa  itu serambi kiri dan serambi kanan ?.Dari pada bingung klik aja disini nanti kalian akan melihat artikel tentang jantung.
Eits sebelum kalian pergi masih ingat ga apa itu pembuluh darah,aorta,vena dan pembuluh kapiler ?
Ok sekian dulu ya pembahasan kali ini ,jangan bosan ya untuk membaca artikelku selanjutnya ! kita sama – sama masih dalam tahap pembelajara.Kalau kalian punya saran atau kritikan tulis aja ya di kolom komentar.
Sekian WrWb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar