Sabtu, 03 Oktober 2015

Jantung



Jantung terletak di dalam rongga dada,diatas diafragma dan terapit oleh kedua paru paru.
Fugsi utama jantung adalah memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh.Struktur dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu perikardium adalah selaput pembuluh jantung yang terdiri dari viserale dan parietale,moikardium adalah otot jantung,dan endokardium adalah selaput yang membatasi ruang jantung.
                Jantung manusia terdiri dari empat ruang yaitu serambi(atrium)kanan dan kiri,bilik (ventrikel)kanan dan kiri.
1)Atrium (serambi)berfungsi menerima darah dari pembuluh balik(vena).Pada fetus,antara atrium kanan dan kiri taerdapat  lubang yang disebut foramen ovale.Menjelang kelahiran,folamen ovale akan menutup.
2)Ventrikel(bilik) berfungsi memompa darah,baik ke seluruh tubuh maupun ke paru-paru.Bilik kiri memiliki miokardium yang paling tebal karena memompakan darah yang kaya O2 ke seluruh tubuh.
                Jantung memiliki katup (valvula) yang berfungsi menjaga aliran darah tetap searah.Katup katup tersebut sebagai berikut.
1.       Valvula trikuspidalis terletak antara atrium kanan dan ventrikel kanan,berfungsi mencegah darah dalam vertikel kanan tidak kembali ke atrium kanan.
2.       Valvula bikuspidalis terletak antara atrium kiri dan ventrikel kiri,berfungsi mencegah darah dalam ventrikel kiri tidak kembali ke atrium kiri.
3.       Valvula seminularis terletak antara venrtrikel dan arteri pulmonalis,berfungsi mencegah darah dalam aorta dan arteri pulmonalis tidak kembali ke ventrikel.
Jantung memiliki tiga simpul saraf sebagai berikut.
1.       Nodus sino aurikularis (SA-Node),terdapat pada dinding atrium,diantara vena yang masuk ke serambi kanan dan kiri.
2.       Nodus atrioventrikularis (AV-Node),terdapat pada sekat perbatasan antara atrium dan ventrikel.
3.       Berkas His, merupakan serabut-serabut menuju ke sekat antara bilik kanan dan kiri serta cabang-cabangnya menuju dindig jantung.

Cara kerja otot jantung sebagai berikut.Pada saat bilik berkontraksi,darah dari bilik kiri yang kaya O2 di pompa keluar menuju aorta.Darah dari bilik kanan yang kaya CO2 di pompakan  paru – paru melalui arteri polmonalis.Pada saat otot bilik mengendur (relaksasi),darah dari vena cava superior dan vena cava inferior yang kaya CO­2  masuk ke serambi kanan dan darah dari vena pulmonalis yang kaya O2 masuk ke serambi kiri.Tekanan darah pada saat serambi jantung  menguncup dan dan bilik jantung mengembang (relaksasi) disebit diastol.Adapn tekanan darh pada saat bilik jantung berkontraksi (ruang bilik menguncup) disebut sistol.Tekanan darah pada orang normal antara 120 mmHg pada sistol dan mmHg pada diastol (120/80mmHg).
Terimakasih atas kunjungan nya semoga artikel oni bermanfa'at.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar